Diberdayakan oleh Blogger.

About

Pages

Contoh karya tulis study tour ke Jakarta

Senin, 09 November 2015


PENGESAHAN

          Karya Tulis ini dibuat untuk melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) tahun 2015/2016 yang disetujui dan disahkan pada:


Hari/tanggal    :
Tempat            : Sekolah Menengah Pertama (SMP)




Menyetujui :

              Wali Kelas                                                     Pembimbing





Megetahui :

Kepala Sekolah SMP N








MOTTO





1.      Berpegang teguhlah pada prinsip karena pendirian yang kuat akan membawa keberhasilan dan kebanggaan pada diri sendiri
2.      Tiada doa yang lebih indah selain doa agar karya tulis ini cepat selesai.
3.      Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan selama ada komitmen bersama untuk menyelesaikannya.
4.      Jadikanlah kegagalan itu sebagai cambuk untuk meraih kesuksesan.
5.      Sabar dalam mengatasi kesulitan dan bertindak bijaksana dalam mengatasinya adalah sesuatu yang utama.
6.      Jalan terbaik dalam mencari kawan adalah kita harus berlaku sebagai kawan.
7.      Kebaikan tidak bernilai selama diucapkan akan tetapi bernilai sesudah dikerjakan.










KATA PENGANTAR

      Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan baik.
      Karya tulis ini kami susun sebagai salah satu syarat mengikuti Ujian Nasional tahun pelajaran 2015/2016. Selain itu untuk menambah wawasan dan pengetahuan siswa dibidang seni dan budaya, menumbuhkan cinta tanah air.
      Dalam penyusunan karya tulis ini banyak kendala yg dihadapi. Tetapi, pihak yang mendukung dan membantu kami. Untuk itu perkenankanlah kami mengucapkan terima kasih kepada :
1.   
            Kami menyadari sepenuhnya bahwa karya tulis yang kami susun ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kami mengharap kritik dan saran yang membangun dari para pembaca dan adik adik kelas kami untuk menyempurnakan karya tulis ini. Kami mohon maaf bila ada kesalahan pada karya tulis ini. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi para pembaca.

Magelang,    Agustus 2015


Penyusun
 


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL...................................................................................  I
HALAMAN PENGESAHAN.................................................................... II
HALAMAN MOTTO................................................................................ III
HALAMAN PERSEMBAHAN................................................................ IV
KATA PENGANTAR................................................................................. V
DAFTAR ISI................................................................................................. 1
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah..................................................................... 4
1.2  Tujuan Penulisan................................................................................. 5
1.3  Metode Penulisan............................................................................... 5
1.4  Sistematika Penulisan......................................................................... 5

BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Sejarah................................................................................................ 8
2.2 Letak Geografis dan Keadaan Wilayah............................................. 9
2.3 Pemerintahan.................................................................................... 11
2.4 Agama.............................................................................................. 11
2.5 Penduduk......................................................................................... 12
2.7  Bahasa.............................................................................................. 13
2.7 Budaya............................................................................................. 14
2.7.1 Musik....................................................................................... 14
2.7.2 Tari........................................................................................... 15
2.7.3 Cerita Rakyat........................................................................... 16
2.8  Daya Tarik........................................................................................ 23
BAB III PEMBAHASAN MASALAH
3.1 Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
3.1.1 Lokasi...................................................................................... 24
3.1.2 Keadaan Fisik Kawasan.......................................................... 24
3.1.3 Gagasan................................................................................... 25
3.1.4 Filsafat dan Asas Pendirian..................................................... 25
3.1.5 Misi dan Sarana Pendidikan.................................................... 27
3.1.6 Dasar Hukum dan Asas Legal................................................. 28
3.1.7 Logo dan Maskot..................................................................... 28
3.1.8 Taman...................................................................................... 29
3.1.9 Anjungan................................................................................. 29
3.1.10 Bangunan Lain....................................................................... 30
3.2 Museum Pancasila Sakti
3.2.1 Lokasi...................................................................................... 31
3.2.3 Manfaat.................................................................................... 31
3.2.4Sejarah...................................................................................... 32
3.3 Gelanggang Samudra Ancol
3.3.1 Lokasi...................................................................................... 34
3.3.2 Fasilitas.................................................................................... 34
3.3.3Sarana dan Prasarana................................................................ 34
3.3.4Maskot...................................................................................... 34
3.4 Dunia Fantasi (Dufan)
3.4.1 Lokasi...................................................................................... 35
3.4.2Maskot ..................................................................................... 35
3.4.3Permainan................................................................................. 36
3.5 Pantai Marina Ancol
3.5.1 Lokasi...................................................................................... 36
3.5.2 Sarana dan Prasarana............................................................... 36
3.6 Pusat Peraga IPTEK (PP IPTEK)
3.6.1Lokasi....................................................................................... 37
3.6.2Sarana dan Pasarana................................................................. 37
3.6.3Sarana Rekreasi......................................................................... 37
3.7 Museum Minyak dan Gas Bumi (Migas)
3.7.1Lokasi....................................................................................... 38
3.7.2Sarana dan Pasarana................................................................. 38
3.7.3Sarana Rekreasi......................................................................... 38
3.8 Teater Keong Mas
3.8.1Lokasi....................................................................................... 39
3.8.2Fasilitas..................................................................................... 39
3.9 Cibaduyut
3.9.1 Lokasi...................................................................................... 40
3.9.2 Macam-macam barang, dan sebagainya................................... 40
BAB IV PENUTUP
1.1  Kesimpulan.......................................................................................................... 41
1.2  Saran.................................................................................................................... 41   
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................... 42
LAMPIRAN
a.       Jadwal Rencana Karya Wisata............................................................................ 43
b.      Nama Kelompok.................................................................................................. 45
c.       Galeri Foto........................................................................................................... 46



















BAB 1
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang Masalah
Provinsi DKI Jakarta merupakan kota metropolitan yang terbagi menjadi 6 kabupaten/kota yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan,Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Kep.Seribu (Riskesdas 2010). Berdasarkan Laporan Provinsi DKI Jakarta tahun 2009, wilayah DKI Jakarta memiliki kepadatan penduduk terbesar adalah Jakarta Pusat sebesar 18.745 jiwa/km2 dan wilayah terjarang selain Kep. Seribu adalah Jakarta Utara sebesar 10.035 jiwa/km2. Berdasarkan teori yang ada bahwa “semakin jarang penduduk dalam satu wilayah maka semakin tinggi tingkat
kesejahteraannya”.                   
Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta, Jakarta Raya) adalah ibu kota Negara Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan nama Sunda Kelapa (sebelum 1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia/Batauia, atau Jaccatra (1619-1942), Jakarta Toko Betsu Shi (1942-1945), dan Djakarta (1945-1972). Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan seperti J-Town, atau lebih popular lagi The Big Durian karena dianggap sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.
Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km2 (lautan : 6.977,5 km2), dengan penduduk berjumlah 10.187.595 jiwa (2011). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabotabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.
DKI Jakarta, sebagai kota terbesar di Indonesia direncanakan akan dijadikan “kota jasa”, hal tersebut tentunya sejalan dengan kondisi perekonomian DKI Jakarta saat ini, dimana peran sektor jasa hingga saat ini terus mendominasi dalam pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) khususnya sektor keuangan, asuransi dan sewa dan sector perdagangan, hotel dan restoran. Kota DKI Jakarta yang termasuk dalam kategori metropolitan sudah selayaknya dominasi sektor jasa cukup kuat, hal tersebut sejalan dengan pemaparan berbagai teoritis ekonomi perkotaan. Profesor Bairoch menyebutkan bahwa untuk kota yang jumlah penduduknya lebih besar dari 500.000 orang, maka kota tersebut akan terspesialisasi menjadi kota jasa (service city). Dengan memperhatikan pernyataan tersebut, sudah sepatutnya DKI Jakarta sejak dahulu menjadi kota jasa, dimana menurut BPS DKI Jakarta penduduknya mencapai 6,53 juta jiwa pada tahun 1980 dan meningkat menjadi 8,39 juta jiwa pada tahun 2001(BPS, 2001:124).


1.2   Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan karya tulis ini, antara lain:
a.       Merupakan salah satu syarat mengikuti Ujian Nasional  2015/2016.
b.      Untuk mengetahui objek wisata yang terdapat di Indonesia khususnya di Jakarta.
c.       Untuk memahami keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia khususnya di Jakarta.
d.      Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang adat istiadat di Jakarta.
e.       Untuk mendokumentasikan semua pengalaman yang pernah dialami saat study tour.
f.       Untuk memperdalam pengetahuan tentang Jakarta agar suatu saat kita dapat membantu melestarikannya dan dapat menjadi objek wisata kebanggaan Indonesia.
g.      Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa akan budaya negeri sendiri.
h.      Agar siswa dapat membuat suatu laporan perjalanan yang suatu saat dapat berguna.
i.        Sebagai pelengkap bahan pembelajaran.


1.3   Metode Penulisan

     Untuk memperoleh data-data yang diperlukan guna menyusun karya tulis ini, metode-metode yang digunakan adalah sebagai berikut :
a.       Metode Pengamatan (Observasi)
Dengan mengamati secara langsung objek-objek wisata di kota Jakarta
b.      Metode Wawancara (Interview)
Dengan mewawancarai narasumber di setiap objek wisata
c.       Literatur (Buku Referensi)
Dengan meminjam/mencari buku yang berkaitan dengan kota Jakarta
d.      Elektronika (Internet)
Dengan mencari situs-situs yang berkaitan dengan kota Jakarta

1.4   Sistematika Penulisan
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Halaman Motto
Halaman persembahan
Kata Pengantar
BAB I PENDAHULUAN
1.5  Latar Belakang Masalah
1.6  Tujuan Penulisan
1.7  Metode Penulisan
1.8  Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Sejarah
2.2 Letak Geografis dan Keadaan Wilayah
2.3 Pemerintahan
2.4 Agama
2.5 Penduduk
2.6 Bahasa
2.7 Budaya
2.7.1 Musik
2.7.2 Tari
2.7.3        Cerita Rakyat
2.9  Daya Tarik
BAB III PEMBAHASAN MASALAH
3.1 Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
3.1.1 Lokasi
3.1.2 Keadaan Fisik Kawasan
3.1.3 Gagasan
3.1.4 Filsafat dan Asas Pendirian
3.1.5 Misi dan Sarana Pendidikan
3.1.6 Dasar Hukum dan Asas Legal
3.1.7 Logo dan Maskot
3.1.8 Taman
3.1.9 Anjungan
3.1.10 Bangunan Lain
3.1.11 Fasilitas
3.2 Museum Pancasila Sakti
3.2.1 Lokasi
3.2.2 Visi dan Misi
3.2.3 Manfaat
3.2.4 Pengklasteraan Alat Peraga
3.2.5 Fasilitas     
3.3 Taman Impian Jaya Ancol
3.3.1 Lokasi
3.3.2 Fasilitas
3.4 Dunia Fantasi (Dufan)
3.4.1 Sejarah
3.4.2 Pembangunan
3.4.3 Sarana Rekreasi
3.5 Pantai Marina Ancol
3.5.1 Lokasi
3.5.2 Kawasan
3.6 Pusat Peraga IPTEK (PP IPTEK)
3.7 Museum Minyak dan Gas Bumi (Migas)
3.8 Teater Keong Mas
3.9 Cibaduyut
3.9.1 Lokasi
3.9.2 Macam-macam barang, dsb.
BAB IV PENUTUP
1.3  Kesimpulan
1.4  Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
a.       Jadwal Karya Wisata
b.      Daftar Nama Kelompok Bus
c.       Galeri foto





BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Sejarah
Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.187.595 jiwa (2011). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabotabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.
            Jakarta bermula dari sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung sekitar 500 tahun silam. Selama berabad-abad kemudian kota bandar ini berkembang menjadi pusat perdagangan internasio-nal yang ramai. Pengetahuan awal mengenai Jakarta terkumpul sedikit melalui berbagai prasasti yang ditemukan di kawasan bandar tersebut. Keterangan mengenai kota Jakarta sampai dengan awal kedatangan para penjelajah Eropa dapat dikatakan sangat sedikit.Laporan para penulis Eropa abad ke-16 menyebutkan sebuah kota bernama Kalapa, yang tampaknya menjadi bandar utama bagi sebuah kerajaan Hindu bernama Sunda, beribukota Pajajaran, terletak sekitar 40 kilometer di pedalaman, dekat dengan kota Bogor sekarang. Bangsa Portugis merupakan rombongan besar orang-orang Eropa pertama yang datang ke bandar Kalapa. Kota ini kemudian diserang oleh seorang muda usia, bernama Fatahillah, dari sebuah kerajaan yang berdekatan dengan Kalapa. Fatahillah mengubah nama Sunda Kalapa menjadi Jayakarta pada 22 Juni 1527. Tanggal inilah yang kini diperingati sebagai hari lahir kota Jakarta. Orang-orang Belanda datang pada akhir abad ke-16 dan kemudian menguasai Jayakarta.
Nama Jayakarta diganti menjadi Batavia. Keadaan alam Batavia yang berawa-rawa mirip dengan negeri Belanda, tanah air mereka. Mereka pun membangun kanal-kanal untuk melindungi Batavia dari ancaman banjir. Kegiatan pemerintahan kota dipusatkan di sekitar lapangan yang terletak sekitar 500 meter dari bandar. Mereka membangun balai kota yang anggun, yang merupakan kedudukan pusat pemerintahan kota Batavia. Lama-kelamaan kota Batavia berkembang ke arah selatan. Pertumbuhan yang pesat mengakibatkan keadaan lilngkungan cepat rusak, sehingga memaksa penguasa Belanda memindahkan pusat kegiatan pemerintahan ke kawasan yang lebih tinggi letaknya. Wilayah ini dinamakan Weltevreden.Mengamati kota Jakarta bagaikan membaca catatan panjang yang merekam berbagai kejadian masa lalu. Berbagai bangunan dan lingkungan di Jakarta menyimpan jejak-jejak perjalanan masyarakatnya, bagaimana mereka bersikap menghadapi tantangan zamannya, memenuhi kebutuhan hidupnya dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Ia menyimpan suka-duka dan pahit-manisnya perkembangan, di mana kita dapat menyerap pelajaran yang berharga. Jakarta, Ibukota Republik Indonesia, memiliki banyak rekaman sejarah. Antara lain dalam bentuk bangunan maupun lingkungan. Di dalamnya tercermin upaya masyarakat masa lalu dalam membangun kotanya yang tak luput dari berbagai masalah dari zaman ke zaman.

“Jika kita memandang kota Jakarta sekarang, mungkin sulit terbayang bahwa ribuan tahun yang lalu kawasan ini masih baru terbentuk dari endapan lumpur sungai-sungai yang mengalir ke Jakarta. Misalnya Kali Ciliwung, Kali Angke, Kali Marunda, Kali Cisadane, Kali Besar, Kali Bekasi dan Kali Citarum. Usia dataran Jakarta kini diperkirakan 500 tahun berdasarkan geomorfologi, ilmu lapisan tanah.

Endapan ini membentuk dataran dengan alur-alur sungai yang menyerupai kipas. Dataran ini setelah mantap lama kelamaan dihuni orang dan terbentuklah beberapa kelompok pemukiman, di mana salah satunya kemudian berkembang menjadi pelabuhan besar, ” kata Muhammad Isa Ansyari SS, Sejarawan Terkemuka di Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Pemda DKI Jakarta.

Ia menuturkan, kota Jakarta merupakan kota yang berkembang dengan cepat sejak mendapat peran sebagai Ibukota Rl. Perkembangan itu disebabkan oleh faktor-faktor sosial, ekonomi dan budaya yang saling menjalin satu sama lain.

Bermula dari sebuah lingkungan pemukiman kecil dengan kegiatan hidup terbatas, dan kemudian berkembang menjadi lingkungan pemukiman megapolitan dengan berbagai kegiatan yang amatkompleks. Dalam paparan sejarah pertumbuhannya, di mana pemerintah kotanya silih berganti dan kondisi masyarakatnya sangat majemuk, baik dari suku bangsa, ras dan agama berikut berbagai aspek kehidupannya, warga kotanya tetap membangun tempat bermukim dan berkehidupan mereka sesuai dengan kemampuan dana, daya dan teknologi yang mereka miliki.
2.2 Letak
            Jakarta berlokasi di sebelah utara Pulau Jawa, di muara CiliwungTeluk Jakarta. Jakarta terletak di dataran rendah pada ketinggian rata-rata 8 meter dpl. Hal ini mengakibatkan Jakarta sering dilanda banjir. Sebelah selatan Jakarta merupakan daerah pegunungan dengan curah hujan tinggi. Jakarta dilewati oleh 13 sungai yang semuanya bermuara ke Teluk Jakarta. Sungai yang terpenting ialah Ciliwung, yang membelah kota menjadi dua. Sebelah timur dan selatan Jakarta berbatasan dengan provinsi Jawa Barat dan di sebelah barat berbatasan dengan provinsi Banten.
Kepulauan Seribu merupakan kabupaten administratif yang terletak di Teluk Jakarta. Sekitar 105 pulau terletak sejauh 45 km (28 mil) sebelah utara kota.

DKI Jakarta memiliki status khusus sebagai Daerah Khusus Ibukota. DKI Jakarta ini dibagi kepada lima kota dan satu kabupaten, yaitu:
No.
Kabupaten/Kota administrasi
Pusat pemerintahan
Bupati/Wali Kota
Kecamatan
Kelurahan/desa
Logo
Lokasi
1
2
6
2
8
3
8

4
5
6
6

2.3 Pemerintahan
            Dasar hukum bagi DKI Jakarta adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2007, tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia. UU ini menggantikan UU Nomor 34 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibu kota Negara Republik Indonesia Jakarta serta UU Nomor 11 Tahun 1990 tentang Susunan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu kota Negara Republik Indonesia Jakarta yang keduanya tidak berlaku lagi.
            Jakarta berstatus setingkat provinsi dan dipimpin oleh seorang gubernur. Berbeda dengan provinsi lainnya, Jakarta hanya memiliki pembagian di bawahnya berupa kota administratif dan kabupaten administratif, yang berarti tidak memiliki perwakilan rakyat tersendiri.
            DKI Jakarta memiliki status khusus sebagai Daerah Khusus Ibukota.
2.4 Agama
            Agama yang dianut oleh penduduk DKI Jakarta beragam. Menurut data pemerintah DKI pada tahun 2014, komposisi penganut agama di kota ini adalah Islam (84,4%), Kristen Protestan (6,2 %), Katolik (5,7 %), Hindu (1,2 %), dan Buddha (3,5 %)[25] Jumlah umat Buddha terlihat lebih banyak karena umatKonghucu juga ikut tercakup di dalamnya. Angka ini tidak jauh berbeda dengan keadaan pada tahun 1980, dimana umat Islam berjumlah 84,4%, diikuti oleh Protestan (6,3%), Katolik (2,9%), Hindu dan Buddha (5,7%), serta Tidak beragama (0,3%)[26] Menurut Cribb, pada tahun 1971 penganut agama Kong Hu Cu secara relatif adalah 1,7%. Pada tahun 1980 dan 2005, sensus penduduk tidak mencatat agama yang dianut selain keenam agama yang diakui pemerintah.
Berbagai tempat peribadatan agama-agama dunia dapat dijumpai di Jakarta. Masjid dan mushala, sebagai rumah ibadah umat Islam, tersebar di seluruh penjuru kota, bahkan hampir di setiap lingkungan. Masjid terbesar adalah masjid nasional, Masjid Istiqlal, yang terletak di Gambir. Sejumlah masjid penting lain adalah Masjid Agung Al-Azhar diKebayoran BaruMasjid At Tin di Taman Mini, dan Masjid Sunda Kelapa di Menteng.
Sedangkan gereja besar yang terdapat di Jakarta antara lain, Gereja Katedral Jakarta, Gereja Santa Theresia di Menteng, dan Gereja Santo Yakobus di Kelapa Gading untuk umat Katolik. Masih dalam lingkungan di dekatnya, terdapat bangunan Gereja Immanuelyang terletak di seberang Stasiun Gambir bagi umat Kristen Protestan. Selain itu, ada Gereja Koinonia di Jatinegara, Gereja Sion di Jakarta Kota, Gereja Kristen Toraja di Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Bagi umat Hindu yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya, terdapat Pura Adhitya Jaya yang berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur, dan Pura Segara di Cilincing, Jakarta Utara. Rumah ibadah umat Buddha antara lain Vihara Dhammacakka Jaya di Sunter,Vihara Theravada Buddha Sasana di Kelapa Gading, dan Vihara Silaparamitha di Cipinang Jaya. Sedangkan bagi penganut Konghucu terdapat Kelenteng Jin Tek Yin. Jakarta juga memiliki satu sinagoga yang digunakan oleh pekerja asing Yahudi.[butuh rujukan]
2.5 Penduduk
Historical population
Tahun
Jumlah
Pend.  
±%  
1870
65.000
—    
1875
99.100
+52.5%
1880
102.900
+3.8%
1890
105.100
+2.1%
1895
114.600
+9.0%
1901
115.900
+1.1%
1905
138.600
+19.6%
1918
234.700
+69.3%
1920
253.800
+8.1%
1925
290.400
+14.4%
1930
435.184
+49.9%
1940
533.000
+22.5%
1945
600.000
+12.6%
1950
1.733.600
+188.9%
1959
2.814.000
+62.3%
1961
2.906.533
+3.3%
1971
4.546.492
+56.4%
1980
6.503.449
+43.0%
1990
8.259.639
+27.0%
2000
8.384.853
+1.5%
2005
8.540.306
+1.9%
2010
9.607.787
+12.5%

            Berdasarkan data BPS pada tahun 2011, jumlah penduduk Jakarta adalah 10.187.595 jiwa. Namun pada siang hari, angka tersebut dapat bertambah seiring datangnya para pekerja dari 
kota satelit seperti Bekasi,Tangerang,Bogor,dan Depok.
2.6 Bahasa
          Bahasa Betawi atau Melayu Dialek Jakarta atau Melayu Batavia (bew) adalah sebuah bahasa yang merupakan anak bahasa dari Melayu. Mereka yang menggunakan bahasa ini dinamakan orang Betawi. Bahasa ini hampir seusia dengan nama daerah tempat bahasa ini dikembangkan, yaitu Jakarta.
Bahasa Betawi adalah bahasa kreol (Siregar, 2005) yang didasarkan padabahasa Melayu Pasar ditambah dengan unsur-unsur bahasa Sundabahasa Bali, bahasa dari Cina Selatan (terutama bahasa Hokkian), bahasa Arab, serta bahasa dari Eropa, terutama bahasa Belanda dan bahasa Portugis. Bahasa ini pada awalnya dipakai oleh kalangan masyarakat menengah ke bawah pada masa-masa awal perkembangan Jakarta. Komunitas budak serta pedagang yang paling sering menggunakannya. Karena berkembang secara alami, tidak ada struktur baku yang jelas dari bahasa ini yang membedakannya dari bahasa Melayu, meskipun ada beberapa unsur linguistik penciri yang dapat dipakai, misalnya dari peluruhan awalan me-, penggunaan akhiran -in (pengaruh bahasa Bali), serta peralihan bunyi /a/ terbuka di akhir kata menjadi /e/ atau /ɛ/ pada beberapa dialek lokal.
2.7 Budaya
            2.7.1 Musik
            Bicara soal seni budaya dan alat musik tradisional Betawi, sepertinya banyak hal-hal yang istimewa yang sering kita lihat. Dan yang lebih menarik untuk dibahas menurut saya adalah beberapa kesenian seperti orkes kesenian betawi, dibanding alat-alat musik tradisionalnya. Meskipun begitu saya akan coba simpulkan dengan singkat mengenai alat musik tradisional Betawi tersebut.
Beberapa Alat Musik Tradisional Betawi
Banyak sekali jenis alat musik yang ada di Jakarta khususnya alat-alat musik tradisional Betawi. Ada yang namanya gambang, kromong, tehyan, gong, kempul, gendang, tanjidor yang merupakan perpaduan dari beragam alat usik lainnya yang berasar dari Eropa seperti tuba, klarinet, trompet, trombon, dan ditambah lagi dengan beberapa jenis drum, yaitu bass drum, tenor drum, dan senar drum. Dan khusus alat musik tanjidor kelihatan lebih berkembang di pinggiran Betawi.
Orkes Tanjidor
            Salah satu orkes rakyat Betawi yang terkenal adalah Tanjidor. Pada awalnya orkes Tanjidor ini hanya mulai dikenal sejak abad 19 namun hanya untuk kalangan-kalangan tuan tanah saja. Di dalam memainkan orkes Tanjidor ini alat musik yang paling banyak digunakan adalah alat musik tiup tradisional yang sudah usang. Bahkan sebagian lagi ada yang kelihatan sudah di tempel dengan patri.
Alat musik tradisional Betawi yang digunakan untuk memainkan orkes Tanjidor ini adlaah alat musik tiup cornet, trombon, klarinet, tenor, bas, dan dipadu dengan membran atau alat musik pukul sejenis gendang. Biasanya orkes ini diadakan pada saat akan mengarak pasangan pengantin.

            2.7.2 Tari
            Tari Yapong
            Satu jenis tarian tradisional yang diciptakan untuk pertunjukan. Yapong bukan tari pergaulan seperti Jaipongan, yang berasal dari Jawa Barat, namun kemudian dalam perkembangannya kadang kala berfungsi sebagai tari pergaulan untuk mengisi acara menari sesuai permintaan karena tarian ini penuh dengan variasi.
            Yapong mula-mula diorbitkan dalam rangka mempersiapkan acara peringatan HUT Kota Jakarta ke-450 pada tahun 1977. Pada saat itu, Dinas Kebudayaan DKI menyiapkan sebuah pergelaran tari massal yang spektakuler dengan mempergelarkan cerita . perjuangan Pangeran Jayakarta. Pergelaran berbentuk sendratari ini dipercayakan penggarapannya kepada seniman Bagong Kussudiarjo. Untuk mempersiapkan pergelaran itu, Bagong mengadakan penelitian selama beberapa bulan mengenai kehidupan masyarakat Betawi melalui perpustakaan, film, slide maupun langsung pada masyarakat Betawi. Akhirnya pergelaran tari ini berhasil dipentaskan pada tanggal 20 dan 21 Juni 1977 di Balai Sidang Senayan. Pementasannya didukung 300 orang artis dan musikus.
            Tari Yapong merupakan suatu tari gembira dengan gerakan yang dinamis dan erotis. Dalam adegan tersebut dipertunjukkan suasana gembira menyambut kemenangan Pangeran Jayakarta. Adegan ini dinamai Yapong dan tidak mengandung arti apapun. Namun istilah Yapong ini lahir dari bunyi lagunya ya, ya, ya, ya, yang dinyanyikan artis pengiringnya serta suara musik yang berkesan pong, pong, pong, sehingga lahirlah "ya-pong" dan berkembang menjadi Yapong.

Pusat Latihan Tari (PLT) Bagong Kussudiarjo dan Dinas Kebudayaan DKl Jakarta seusai pementasan menggubah tari Yapong dari bentuk sendratari dan mengembangkannya sebagai tarian lepas. Adapun corak pakaian yang dikenakan para penarinya, merupakan pengembangan pakaian tari Kembang Topeng Betawi. Tampak jelas bentuk serta ragam hias tutup kepala serta selempang dadanya, yang disebut toka-toka. Tari Yapong diwarnai oleh tari rakyat Betawi, kemudian diolah dengan unsur-unsur tari pop, antara lain unsur tari daerah Sumatera. 

Tari Yapong Jakarta
Karena kesenian Betawi dipengaruhi oleh unsur kesenian Tionghoa, maka dalam tari Yapong juga terdapat unsur kesenian Tionghoa, misalnya dalam kain yang dipakai oleh para penari terdapat motif-motif naga dengan warna merah menyala. Alat musik yang digunakan saat tarian ini dipergelarkan adalah campuran antara Betawi, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Setelah menjadi tarian lepas, dalam tarian tersebut. DKl Jakarta memanfaatkan instrumen Rebana Biang, Rebana Hadroh, dan Rebana Ketimpring. Dengan demikian tari Yapong merupakan garapan kreasi baru yang bertolak dari unsur-unsur gerak tradisional Betawi.

            2.7.3 Cerita rakyat
Si Pitung
            Memasuki abad ke-20 tanah Betawi kokoh dalam cengkraman penjajah Belanda. Hampir 3 abad penjajah menikmati kehidupan diatas keringat dan darah serta air mata penduduk pribumi Betawi. Penjajah dengan segala daya dan upaya memeras keringat penduduk melalui tuan tanah, para mandor, para centeng, dan bukan saja keringat bahkan tulang sumsum penduduk Betawi akan diperas jika memberikan keuntungan kepada mereka. Pak Piun memandang langit mendung, sementara isterinya bu Pinah duduk di bale-bale depan rumah sambil memegang perut yang kian membesar. Beberapa hari lagi isterinya akan melahirkan anak yang ke empat. Tiga anaknya duduk di dekat ibunya, sambi! bertanya, "Mengapa padi yang baru dipanen dirampas centeng Babah" bu Pinah mengusap kepala anaknya sambil berkata lirih, " Biarin tong, lagian padi kite masih ada."Pak Piun tetap memandang langit yang mendung, berharap kepada yang maha kuasa agar isterinya melahirkan dengan selamat.
Pak Piun menitikkan airmata bahagia, anak yang ke empat lahir dengan selamat. Digenggamnya tangan isterinya seraya menyatakan puji syukur kehadirat Allah,"Siapa nama anak kita?" isterinya tersenyum bahagia, terlupakan beban berat penindasan kompeni penjajah beserta cecunguk-cecunguknya.
Pak Piun memberi nama anaknya dengan nama Pitung, isterinya menganggukan kepala tanda setuju.
Pitung lahir ditanah Betawi. Ia anak ke empat dari pasangan suami-isteri pak Piun dan bu Pinah. Ke-3 saudaranya masing-masing bernama Miin, Kecil,Anise. Pitung lahir di kampung Rawabelong, kampung tersebut menjadi bagian dari partikelir Kebayoran. Tuan tanah yang berkuasa di Kebayoran adalah Liem Tjeng Soen. Tanah partikelir diperoleh dari pemerintahan Belanda melalui pembelian dokumen tanah, serta kewajiban membayar pajak kepada Belanda. Tanah partikelir tersebut, Liem Tjeng Soen mengangkat centeng dari kalangan priburni yang bertugas menagih pajak kepada penduduk. Pitung masih ked!, tidak mengerti tentang tanah partikelir, mengapa padi, ayam dan kambing bapaknya diambil sewenang-sewenang oleh para centeng. Pitung menyaksikan sambil bertanya kepada bapaknya, ''mengapa ayam kita diambilin?"
Pitung menanjak dewasa. Perawakannya tidak terlalu tinggi dan tdak terlalu rendah, sekitar 165-an em, kulitnya kuning, rambutnya keriting. Pitung dibesarkan didalam keluarga pak Piun, sebagaimana anak Betawi pada umunnya Pitung memperoleh Pendidikan tata krama dari bapak dan ibunya, belajar mengaji, membantu bapaknya menanam padi, memetik kelapa, meneari rumput untuk kambing mereka, adakala Pitung membantu tetangganya. Pitung anak yang rajin mengerjakan perintah Allah, tidak pernah meninggalkan shalat, berpuasa, bertutur kata yang sopan, selalu memenuhi panggilan ibu-bapaknya.
Untuk menambah pengetahuan agama, Pitung belajar mengaji dengan Haji Naipin, seorang kiyai terkemuka di kampung Rawabelong. Selain mengaji, Pitung juga belajar ilmu silat dan ilmu bela diri lainnya pada Haji Naipin. Dalam menuntut ilmu tersebut, Pitung tergolong cerdas, patuh dan taat terhadap Petunjuk sang guru Haji Naipin. Karena ketekunan, keikhlasannya untuk menuntut ilmu, Haji Naipin menjadi sayang kepadanya, dan menaruh harapan kepadanya untuk menjadi penggantinya di kemudian hari. Haji Naipin meneurahkan semua ilmu yang dimilikinya kepada Pitung. Ilmu Paneasona, sebuah ilmu bela ciri tingkat tinggi yang membuat pemilik ilmu kebal dari benda tajam nusuh diberikan haji Naipin kepada Pitung. "Ilmu ini buat membela orang lemah dari kezaliman, bukan untuk menzalimi orang lain" demikian Jesan haji Naipin.
Sebagai seorang pemuda yang memiliki ilmu agama dan ilmu bela diri, Pitung selalu rendah hati. Kerendahan hatinya membuat ia banyak teman. Diantara teman-temannya seguru seilmu yang dekat sekali adalah Dji'i dan Rais. Pitung juga tak luput dari gejolak perasaan orang muda, ia menjalin tali kasih dengan Aisyah gadis kampung Rawabelong, keduanya bersepakat untuk membina rumah tangga di kemudian hari bila sudah pantas untuk membina rumah tangga.
Berbekal ilmu yang dimiliki, baik ilmu agama dan ilmu bela diri, Pitung membaktikan dirinya untuk ibu bapaknya serta masyarakatnya di Rawabelong. Pitung turut membantu bapaknya menanam padi, menggembalakan kambing, membantu para tetangganya dan setiap yang membutuhkan uluran tangannya. Adakalanya Pitung datang membantu meskipun tidak diminta, hal ini merupakan penerapan dari ilmu agama yang dimilikinya, bahwa membantu orang lain adalah pekerjaan yang baik sebagai amal soleh. Karenanya Pitung dikenal luas sebagai pemuda yang murah hati di masyarakatnya.
Sebagai pemuda Rawabelong, Pitung menyaksikan dengan mata kepalanya segala tindak tanduk kezaliman para centeng tuan tanah Kebayoran Liem Tjang Soen kezaliman Pemerintah Penjajah serta para serdadu Hindia Belanda yang dibantu oleh Demang Kebayoran, yang menagih pajak secara paksa atas para penduduk kampung Rawabelong. Pitung tidak dapat membiarkan kezaliman tersebut berlangsung di depan matanya. Sebagai pemuda, darahnya mendidih menyaksikan kesewenang-wenangan penjajah beserta kaki tangannya, ingin rasanya memberikan pelajaran kepada mereka, namun ibu bapaknnya menentramkan kemarahan hatinya, "jangan Tung ... dia orang punya kuase, nanti juga ada balasan buat mereka", terus ibunya membujuk agar Pitung mengurungkan niatnya. Pitung memenuhi permintam ibunya, tetapi hatinya bergejolak, kezaliman harus dilawan, bukankah
ia selama ini belajar ilmu agama, yang menyuruh untuk Amar ma'ruf Nahi Munkar, tegakkan kebaikan cegah kemungkaran.
Karena seringnya menyaksikan kezaliman yang dilakukan oleh para centeng terhadap penduduk Rawabelong, Pitung akhirnya turun tangan. Centeng yang petentengan merampas hak milik penduduk dipermalukan Pitung. Dengan bekal ilmu bela diri yang dikuasainya, Pitung mencegah centeng tersebut dalam merampas hak milik penduduk. Si centeng menjadi murka dan menghajar Pitung yang dikiranya tak memiliki kepandaian bersilat. Pitung menyambut serangan si centeng dan dengan mudah membekuknya, si centeng jadi malu dan bangkit pergi tanpa dapat membawa barang apapun. "Awas lu, gua laporin sama Demang", centeng pergi ngeloyor tanpa muka dibawah tatapan dan ejekan penduduk.
Pitung dipanggil bapaknya, ia diminta menjualkan kambing ke pasar Tanah Abang. Bapaknya sangat memerlukan uang untuk keperluan biaya hidup keluarga mereka, "Tung gua butuh duit, lu jual gih kambing kite dua ekor", ujar bapaknya. "Aye, pak!" sahut Pitung. Segera Pitung mengeluarkan dua ekor kambing dari kandangnya, kemudian menuntun kambing tersebut ke pasar Tanah Abang dengan berjalan kaki menelusuri jalan setapak kemudian melewati pinggiran jalan kereta api sampai ke pasar Tanah Abang.
Di pasar Tanah Abang Pitung menjual kambingnya kepada pedagang kambing. Setelah terjadi penawaran dan kecocokan harganya, Pitung menerima uang penjualan kambingnya. Uang tersebut ditaruh di saku baju bagian bawah, dan Pitung segera kembali ke rumahnya.
Ketika Pitung melangkah pulang, beberapa maling mengikutinya. Pitung tidak mengetahui kalau orang yang mengikuti perjalanannya adalah para maling yang ingin mencuri uang di kantongnya. Para maling tersebut terus mengikuti. Pitung tidak menaruh curiga terhadap mereka. Di tengah perjalanan terdengar adzan dari sebuah langgar, Pitung segera menghampirinya untuk menunaikan kewajibannya melaksanakan shalat dzuhur. Pitung membuka bajunya, menyangkutkan ke dinding musolla, kemudian turun ke kali mengambil air wudhu, tak ada rasa curiga sedikit pun terhadap orang yang mengikuti perjalanannya, kesempatan demikian dimanfaatkan para maling untuk mengambil uangnya.
Pitung mengenakan bajunya dan masuk kedalam musolla untuk shalat, sementara orang yang mengikutinya ke kali mengambil wudhu. Ketika selesai shalat dzuhur, Pitung tidak menemukan orang yang mengikutinya sejak dari pasar Tanah Abang.
Pitung segera kembali kerumahnya, pak Piun sangat gembira, menyangka Pitung pulang dengan membawa hasil penjualan kambing; "Tung, mane Tung duwitnya ?" tanya pak Piun gembira "Duwitnya ilang, pak, dicopet orang," jawab Pitung polos. "Ape, duwitnye ilang? lu pake kali," bapaknya tidak percaya. "Benar ilang Pak, aye kagak pakek," Pitung mencoba menyakinkan Bapaknya. Bapaknya menjadi berang dan berkata padanya, "Lu musti nemuin itu duwit, kalo kagak ketemu,lu jangan pulang."
Pitung segera kembali ke pasar Tanah Abang mencari orang yang mencuri uangnya. Pitung menemukan mereka. Melihat Pitung mendekati, mereka menghampiri Pitung, salah seorang berkata, "Tung gua tahu keberanian lu, baiknya lu jadi pemimpin gua aja Tung, pokoknya beres deh lu bakal banyak duwit." "Pemimpin apa ?" ujar Pitung. "Jadi pemimpin gua Tung, buat ngerampokin duit orang." ujar orang itu melecehkan, Pitung diam saja, orang itu melanjutkan, "Lu yang ngawasin dan mimpin, kita yang ngerampok."
"Ape ngerampok ? Ah gue kagak mau, sebaiknya duit gue yang lu ambil, pulangin!" kelihatan Pitung menahan amarah. "Pokoknya duwit lu kagak gue kembaliin kalo lu nggak mau jadi pemimpin gue," orang itu mengejek.
Ejekan tersebut membuat Pitung marah. Pitung segera mencekal leher orang tersebut. Ternan-ternan orang tersebut segera menghampiri untuk mengeroyok Pitung. Dengan sigap Pitung melayani perkelahian. Dalam waktu singkat para kawanan pencopet itu dapat dibekuknya. Pitung mengambil uangnya, dan segera kembali kerumahnya. Dengan rasa bangga Pitung menyerahkan uang tersebut kepada pak Piun.
Sejak peristiwa tersebut, Pitung terpanggil untuk membela penduduk yang tertindas oleh perlakuan sewenang-wenang para penguasa pribumi, para centeng, para tuan tanah dan Belanda yang merampas hak milik penduduk. Setiap centeng yang terlihat merampas hak milik penduduk, Pitung memberikan pelajaran kepada centeng tersebut.
Para centeng yang diberi pelajaran oleh Pitung sebagian insyaf dan tidak mau Iagi bekerja pada tuan tanah maupun Belanda, dan sebagian lagi melaporkan kejadian tersebut kepada tuan tanah. Tuan tanah melaporkan kepada penguasa penjajah Belanda tentang tindaktanduk Pitung. Pitung dinilai telah menghambat tegaknya kekuasaan penjajah di Rawabelong. Akibatnya Pitung mulai dimata-matai oleh aparat penguasa penjajah Belanda.
Pitung menyaksikan penderitaan penduduk yang dirampas hak miliknya oleh para centeng, tuan tanah dan Belanda, dia bertekad untuk mengembalikan hak-hak penduduk tersebut. Untuk itu Pitung dan temannya Dji'in dan Rais menjalankan aksi mengambil harta yang ada ditangan para tuan tanah, penguasa pribumi, dan orang-orang kaya yang berpihak dengan Belanda.
Bagi Pitung, pengambilan secara paksa adalah halal karena harta tersebut pada dasarnya milik penduduk yang diambil juga secara sewenang-wenang. Tidaklah berdosa merampas harta para perampas. Harta yang dirampas si Pitung dan teman-temannya tersebut dikembalikan lagi kepada penduduk. Pitung melaksanakan operasi perampasan sampai ke Jembatan Lima dan Marunda.
Dalam suasana demikian pihak ketiga menumpang lewat, ikut melaksanakan perampokan mengatasnamakan si Pitung. Sehingga si Pitung terkenal di pelosok Betawi sebagai perampok. Para tuan tanah, orang kaya pro-Belanda menjadi tidak tentram, mengadukan kepada penguasa penjajah.
Penguasa penjajah di Batavia memerintahkan aparat-aparatnya untuk menangkap Pitung. Schout Heyne Kontrolir Kebayoran memerintahkan mantri polisi serta demang dan bek untuk mencari tahu dimana Pitung berada. Schout Heyne menjanjikan uang yang banyak bagi siapa saja yang bisa menangkap Si Pitung hidup atau mati. Tidak itu saja, barang siapa yang bisa memberikan keterangan dimana Si Pitung berada akan diberi hadiah.
Pitung mengetahui dirinya diburon oleh penguasa penjajah beserta para cecunguknya. Karena Pitung berpindah-pindah tempat, sampai ke Marunda. Meskipun diburon, Pitung tetap melaksanakan operasi perampasan harta orang kaya, penguasa pribumi para demang dan Tuan Tanah. Hasil perampasannya dibagi-bagikan kepada penduduk yang miskin akibat pemerasan yang dilakukan para tuan tanah, centeng dan Belanda.
Karena suka membantu penduduk dalam menghalangi para centeng memeras serta suka membagi uang hasil rampasan, Pitung menjadi idola penduduk yang tertindas oleh kekejaman para centeng, tuan tanah dan Belanda. Meskipun Pitung diburon tetapi selalu tidak dapat ditelusuri jejaknya. Para penduduk selalu menyembunyikan Pitung di rumah mereka, bahkan seorang pedagang Cina pernah menyembunyikan Pitung ketika dicari oleh kaki tangan penjajah.
Ada masa tidak beruntung. Suatu ketika Pitung melakukan aksi perampasan bersama beberapa kawannya, kedatangan mereka telah diketahui oleh kaki tangan tuan tanah. Serdadu Belanda yang dipimpin mantri polisi Kabayoran telah bersiaga dengan senjata. Ketika rombongan Pitung akan memasuki sebuah rumah milik tuan tanah,terdengar tembakan yang mengarah kepada mereka. Bersamaan dengan itu terdengar bunyi kentongan bertalu-talu tuan tanah eina dan demang telah menggerakkan para pemuda yang banyak sekali. Si Pitung dan kawan-kawannya telah terkepung. Pitung dan kawan-kawannya berusaha untuk melarikan diri karena tidak mungkin, menghadapi ratusan serta puluhan serdadu bersenjata.
Teman-temannya meloloskan diri, sementara Pitung sengaja membiarkan diri untuk ditangkap agar teman-temannya dapat lolos. Pitung akhirnya ditangkap serdadu, dibawa ke kantor Kontrolir Scout Heyne. Schout Heyne terheran-heran ketika mengetahui siapa sebenarnya Pitung yang selama ini menjadi momok. Schout Heyne menyangka Pitung orang tinggi kekar dan bertampang seram, ternyata Pitung orangnya sederhana, air muka yang jernih, tak terlihat perasaan bersalah. "kamu orang nama
Pitung ? Kamu perampok ? Kamu orang jahat" Schout Heyne menghardik Pitung. Pitung kelihatan tenang tanpa rasa takut, menantang tatapan mata Schout Heyne dan berkata, "Tuan dan orang-orang tuan yang jahat, ngerampok harta penduduk, membuat bangsa kami susah."
"Kamu orang berani sama Belanda ?"
"Mengapa takut."
Scout Heyne memerintahkan serdadu Belanda memasukan Si Pitung ke dalam penjara. Pitung dipenjarakan di penjara Grogol.
Didalam penjara Grogol Pitung tidak kerasan. Pitung memikirkan nasib penduduk yang dirampas hak miliknya oleh Belanda beserta tuan tanah, demang dan para centeng. Di dalam penjara tentulah Pitung tidak dapat membantu - penduduk. Pitung memutar otak bagaimana caranya ia bisa lolos dari penjara. Kepada para ternan yang sarna-sarna berada dalam penjara CrogoI, Pitung mengancam mereka "Kalu lu semua bilang gua lolos dari genteng, lu semua gue bunuh." Karena ancaman Pitung tersebut, mereka semua tutup mulut. Pada malam hari, penjaga terkantuk-kantuk dan sempat lelap sejenak, segera Pitung memanjat dinding ruang tahanan, menjebol plapon, membuka genteng, keluar melalui bubungan atap penjara, melompat keluar. Pitung lolos dari penjara Grogol. Teman-temannya dalam penjara saling tutup mulut. Ketika penj aga penjara memeriksa tahanan, Pitung tak terlihat mereka ditanyai penjaga, tak satupun memberi tahu. Penjaga penjara menjadi heran dan saling bertanya sesamanya. "Kemana Si Pitung ?"
"Gua kagak tahu."
"Apa Si Pitung bisa ngilang ?
"Mungkin saja, buktinya kapan ada di kamarnya"
Si Kecill abang Pitung mencari Pitung kesana kemari dan ternyata tidak juga bertemu. Karena tidak ada hasil, pak Piun disiksa oleh penjajah Belanda. Si Kecill juga disiksa oleh penjajah Belanda. Karena tidak tahan memperoleh siksaan, pak Piun menantang "Bunuh saja aye".
Belanda juga menangkap Haji Naipin, menyiksanya. Karena siksaan Belanda, Haji Naipin bersedia mencari Si Pitung. Haji Naipin dengan kawalan serdadu Belanda yang bersenjata lengkap mencari Si Pitung keluar-masuk kampung. Penduduk yang ditanyai tidak satupun yang memberitahu dimana Pitung disembunyikan, para penduduk menyaksikan Haji Naipin diseret, disiksa karena tidak dapat menemukan Pitung. Beberapa orang penduduk memberitahukan kepada Pitung tentang keadaan Haji Naipin, pak Piun, Si Kecil yang disiksa oleh Belanda.
Pitung sangat berang mendengar ceritera penduduk. Pitung biasanya bersembunyi pada siang hari, akhirnya keluar untuk mencari gurunya, bapaknya serta abangnya yang berada ditangan penjajah. Di Kota Bambu Pitung menampakkan diri ketika gurunya lewat dibawah todongan senjata serdadu Belanda. "Lepasin guru gue, yang kalian cari gue, bukan die lepasin" ujar Pitung sambil berdiri menghadang Scout Heyne yang ikut rombongan mencari Si Pitung sangat gembira, buruannya selama ini kini ada di depan mata. Scout Heyne tertawa kemudian memerintahkan serdadu untuk mengepung Si Pitung. Sementara beberapa serdadu menodongkan senjata kepunggung Haji Naipin. "Kalau kamu orang melawan, dia orang kami tembak, mengerti kamu?" Scout Heyne mengancam Si Pitung.
Mendengar ancaman tersebut, Pitung menjadi gusar dan luluh. Tak tega ia melihat gurunya hams mati tertembak karena perbuatannya. Tetapi untuk menyerah, ia merasa enggan, namun terbayang nasib pak Piun yang didalam penjara Belanda. Pitung pasrah untuk ditangkap tetapi tidak akan menyerah begitu saja.
Pitung berdiri terpaku, sementara para serdadu Belanda dalam posisi siaga tembak. Scout Heyne mengacungkan pistolnya, memutar-mutar gagang pistol sambil menyembunyikan senyum ejekan kepada Si Pitung. " Lepasin die, kalian busuk semua, menghalalkan segala cara." ujar Pitung berang. " Kita orang tidak bodoh Pitung ! " Scout Heyne berujar Iantang. Kemudian Scout Heyne memerintahkan serdadunya yang menodong senjata kepada Haji Naipin untuk melepaskan Haji Naipin dari todongan, namun tetap diwaspadai.
Haji Naipin yang agak bebas berdiri, tidak tega melihat Pitung terkepung oleh para serdadu Belanda yang siaga tembak. Haji Naipin merogoh sakunya yang berisi telur busuk, menimang-nimang telur busuk tersebut. Haji Naipin berharap, bila telur tersebut dilemparkan ke badan Pitung, bila Pitung melawan dan tertembak, maka ia dapat menyembuhkan Si Pitung.
Scout Heyne yang perasaannya takut bila Pitung melawan maka dengan segera mengambil keputusan untuk memerintahkan serdadunya menembak. Saat yang hampir bersamaan Haji Naipin terlebih dahulu melemparkan telur busuk ke badan Si Pitung Scout Heyne berteriak lantang " Tembak !" bersamaan dengan itu terdengar letusan bedil serdadu Belanda. Beberapa peluru menghujam kebadan Pitung, Pitung berdiri terpaku menatap Scout Heyne. Pitung tak menyangka Scout Heyne berlaku curang padahal beberapa saat sebelum Haji Naipin melemparkan telur busuk, Pitung telah memberi tanda mengangkat kedua belah tangannya sebagai pertanda bersedia menyerah. Pitung marah sekali dan melontarkan kata, " Heyne mulai hari ini Iu menjadi musuh gue dan akan gue hisap darah lu." Scout Heyne kembali memberi komando "Tembak !" Beberapa peluru kembali menerjang tubuh Pitung. Karena ajal Pitung sudah tiba sesuai ketentuan Allah tentang mati hidupnya seorang hamba, malaikat Izrail mencabut nyawanya. Pitungrubuh bersimbah darah, jatuh ke bumi. Pitung gugur,sebagai pejuang bangsanya dalam melawan penindasan Belanda beserta kaki tangannya.
Jenazah Pitung diangkut oleh Belanda, dibawa ke kantor Asisten Residen. Scout Heyne dengan bangga melaporkan hasil kegiatannya dalam melumpuhkan aksi perlawanan Pitung. Asisten Residen cuma diam saja, kemudian memerintahkan agar Si Pitung dikuburkan di Pejagalan. Kuburan Si Pitung selama 6 bulan dijaga karena beberapa demang melaporkan bila tidak dijaga, mayatnya akan di bongkar, dibawa ke perkampungan dan dapat dihidupkan kembali oleh gurunya Haji Naipin. Haji Naipin, pak Piun dibebaskan oleh Belanda. Beberapa hari kemudian Scout Heyne dipanggil Asisten Residen, pangkatnya dicopot atau di berhentikan sebagai kontrolir karena bertindak yang tidak pantas sebagai tentara dan sangat memalukan karena menembak orang yang tidak melawan.

2.8 Daya Tarik
            Kota Jakarta sebagai kota metropolis tentu saja memiliki daya tarik. Gedung-gedung yang menjulang tinggi dengan megahnya, sungguh pemandangan yang indah terutama di malam hari.












BAB III
PEMBAHASAN MASALAH

3.1 TAMAN MINI INDONESIA INDAH
            3.1.1 Lokasi
            Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia. Area seluas kurang lebih 150 hektar atau 1,5 kilometer persegi ini terletak di Jalan Raya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) (Jalan Mabes Hankam), Jakarta Timur, Jakarta 13830, Indonesia pada koordinat 6 ° 18'6.8''LS, 106° 53'47.2''BT.
            3.1.2 Keadaan fisik Kawasan
            Taman Mini "Indonesia Indah" pada awalnya mencakup kawasan seluas 150 ha. Lahan ini pada mulanya adalah lahan yang dimiliki rakyat sebagai ladang dan sawah. Kemudian dengan usaha dan jerih payah, lahan ini dapat ditransformasi menjadi kawasan untuk pendirian taman miniatur. Pengubahan lahan dari bentuk aslinya yang berupa ladang menjadi hamparan yang layak bangun memerlukan waktu yang tidak terlalu lama dan upaya lain berupa perataan lahan, pengolahannya menjadi hamparan yang layak pakai, serta pembagiannya untuk digunakan dalam pembangunan anjungan, museum dan bangunan-bangunan pokok serta bangunan penunjang.
            Kawasan TMII mempunyai topografi bergelombang. Topografi semacam ini memberikan keuntungan karena dengan bentuk hamparan seperti ini. TMII dapat dengan leluasa menampilkan beraneka ragamnya anjungan dan pergelaran lain. Akan tetapi ada pula kekurangan yang ditimbulkan oleh topografi bergelombang ini, yaitu diperlukannya upaya perataan lahan untuk tujuan tertentu, misalnya pembuatan bangunan yang memerlukan lahan rata.
            Dengan lingkungan alami yang ditempatinya, TMII memperoleh keuntungan karena lingkungan semacam ini, menunjang untuk pengembangan dari segi fisik dan program. Keadaan semula yang berupa lahan bergelombang, dengan vegetasinya yang terpencar di sana-sini dari berbagai jenis tumbuhan, serta lahan basah yang berupa telaga. TMII mempunyai keleluasaan untuk mengembangkan denah yang beranekaragam. Dengan adanya lahan basah, maka pola penataan lingkungan menjadi lebih alami dan dalam berbagai hal, lingkungan basah ini memberikan kemudahan dalam pengembangan pergelaran kawasan perairan. Kenyataan ini telah dinikmati oleh pengembangan: Taman Angsa Arsipel Indonesia dan Taman Akuarium Air Tawar.
            3.1.3 Gagasan
            Tiada ketenaran tanpa awal gagasan dan karya yang mewujudkannya. Ketenaran Taman Mini "Indonesia Indah" di seluruh Nusantara dan di berbagai bagian dunia, tidak dapat dilepaskan dari pangkal tolaknya yang berupa gagasan yang terdengarnya sederhana tetapi mengandung nilai yang sangat tinggi.
            Gagasan ini berupa keinginan atau cita-cita untuk membangkitkan rasa bangga dan tebalnya rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa, Indonesia. Gagasan ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Cita-cita ini diutarakan sebagai gagasan untuk mendirikan suatu tempat rekreasi yang mampu menggambarlan kebesaran dan keindahan Indonesia dalam bentuk miniatur. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no.8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970.
            Sebagai pemrakarsa, Ibu Tien Soeharto (Ibu Negara) telah melihat jauh ke depan akan pentingnya menciptakan suatu bangunan miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya, kekayaan alam, kebudayaan dan kekayaan lainnya. Bertekad cita-cita ini, dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia "Indonesia Indah", yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita.
Prakarsa Ibu Negara ini bersumber pada kenyataan bahwa Indonesia dianugerahi kekayaan di berbagai segi dan sumber. Pulaunya yang berjumlah belasan ribu. kelompok etnisnya yang memiliki ciri-ciri khas masing-masing, dalam bahasa, adat istiadat, perilaku tutur kata dan sebagainya, serta sumber daya alamnya yang sangat kaya ini tidak terlepas dari pengamatan Ibu Negara untuk melahirkan gagasan yang mulia dan sangat bermanfaat bila terwujud.
            3.1.4 Filsafat dan Asas Pendirian
            Tentulah ada asas-asas filsafat yang dijadikan landasan pendirian proyek miniatur ini. Kekokohan hasil proyek ini terbentuk berkat filsafat yang berpangkal pada amanat-amanat Presiden Republik Indonesia yang pada intinya ialah keseimbangan usaha pembangunan fisik dan ekonomi dengan pembangunan mental spiritual. Filsafat inilah yang menjadi batu pijakan pembangunan dan pengembangan Proyek Miniatur "Indonesia Indah". Filsafat ini dijadikan pilihan landasan karena Ibu Negara sadar dan melihat bahwa pada awal pembangunan yang dilaksanakan pada akhir tahun 1960-an belum mendapatkan perhatian semestinya. Karena kesadaran dan perhatian beliau inilah, beliau berprakarsa pelaksanaan pembangunan mental spiritual.
            Secara lebih rinci ada lima aspek dan prospek yang dijadikan baik pijakan pembangunannya maupun pandangan dalam pengembangannya. Kelimanya ini ialah spiritual, pendidikan dan kebudayaan, teknologi, ekonomi, dan kesejahteraan. Pegangan teguh pada aspek dan prospek ini dapat dirasakan dan dilihat pada pengembangan yang telah berlangsung selama ini.
            Aspek dan prospek spiritual serta pendidikan dan kebudayaan tidak terlepas dari pandangan Presiden Soeharto. Mengenai aspek dan prospek spiritual beliau menyatakan bahwa setiap usaha pembangunan ekonomi tidak mungkin dilakukan tanpa pembangunan mental, spiritual, rohaniah dan sosial . Mengenai pendidikan dan kebudayaan beliau mengungkapkan bahwa putra-putri harus menyiapkan diri sejak sekarang. melatih diri dan mengasah otak belajar berorganisasi dan mulai membaktikan diri kepada masyarakat, mencintai alam dan bangsanya sendiri. bangga kepada kebudayaannyan sendiri dan mau belajar hal-hal yang baik dari luar tanpa kehilangan kepribadian nasionalnya sendiri, berusaha sendiri dan selalu ingin mengetahui hal-hal baru agar dapat maju, mencintai kerja dan berusaha mencapai prestasi yang tinggi .
            Mengenai aspek dan prospek teknologi, kata-kata Neil Armstrong, angkasawan Amerika, manusia pertama yang menjejakkan kaki di bulan, a little step of a man, a giant step of mankind yang artinya langkah kecil manusia tetapi berupa loncatan raksasa kemanusiaan, merupakan dambaan dalam membangun dan mengembangkan Proyek Miniatur "Indonesia Indah" ini. Hanya dengan teknologi yang ditulang-punggungi ilmu, manusia dapat melangkah maju dalam mewujudkan keinginan peningkatan ke arah ekonomi dan kesejahteraannya.
            Selanjutnya mengenai aspek dan prospek ekonomi, kata-kata Presiden Soeharto menjadi pegangannya. Dikatakan oleh beliau bahwa, "Pembangunan ekonomi berarti pengolahan kekuatan ekonomi potensial menjadi kekuatan ekonomi riil melalui pananaman modal, penggunaan teknologi, penambahan kemampuan berorganisasi dan manajemen" . Aspek dan prospek ini tidak terlepas dari aspek dan prospek berikutnya, yaitu kesejahteraan. Oleh Presiden Soeharto, dikatakan bahwa "Cita-cita kita adalah suatu masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila, kita ingin kehidupan kita lebih baik, makin maju, bertambah sejahtera dan adil" .
            Kelima aspek dan prospek tersebut saling berkait. Kaitan inidalam pembangunan dan pengembangan Proyek Miniatur "Indonesia Indah terlihat nyata bila kita melihat taman miniatur ini secara keseluruhannya. Secara keseluruhan di sini melibatkan penglihatan kita terhadap wujud fisik, yang berupa bangunan, yang mengandung aspek dan prospek spiritual, pendidikan dan kebudayaan, teknologi, dan sarana dalam meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan, dan wujud program pergelaran yang mengandung aspek dan prospek spiritual, pendidikan dan kebudayaan, teknologi serta ekonomi dan kesejahteraan. Jelaslah bahwa baik dari pandangan fisik maupun langkah operasional. Proyek Miniatur ini erat berpegang pada aspek dan prospek pembangunannya.
Dengan filsafat ini sebagai landasan, ada sasaran yang ingin dijangkau oleh pendiri taman miniatur, yaitu meningkatkan pengetahuan dan memberikan pengertian kepada bangsa-bangsa lain tentang Indonesia yang sebenarnya. Ke dalam sendiri, jangkauan pelaksanaan proyek ini ialah terjadinya proses pendidikan dan peningkatan pengetahuan bangsa sendiri mengenai tanah airnya, sehingga terpupuklah rasa cinta kepada tanah airnya. Inilah sebetulnya misi didirikannya taman miniatur ini.
            3.1.5 Fisi dan Sarana Pendidikan
Memperkenalkan  Kebudayaan dan Kekayaan Alam kepada Bangsa Indonesia dan Bangsa lain:
Ø Mengembangkan kerjasamakemitraan  dan jaringan kerja  dengan  berbagai pihak diantara             lembaga Konservasi, Pelaku Usaha ekreasi
Ø Meningkatkan kualitas  koleksi  budaya, flora  dan fauna nusantara di TMII
Ø  Meningkatkan mutu pelayanan bagi pengunjung dan para mitra. 
Ø  Mempromosikan potensi keunikan unggulan daerah untuk  menarik Wisatawan dan Investor
Ø  Menyediakan sarana informasi potensi unggulan daerah yang menarik dan komunikatif.
Ø  Memberikan jaminan kepastian hukum  bagi insvestor.
Ø  Memperkuat data base dan penguatan kualitas SDM
Ø  Mengembangkan RIEKKA yang produktif dan berdaya guna sebagai sumber inspirasi peradaban bangsa
Ø  Menyediakan sarana wisata dan pendidikan yang sehat dan nyaman.
Ø  Meningkatkan produktifitas pengelolaan potensi wahana-wahana dilingkungan TMII.
Ø  Meningkatkan mutu Standar kompentensi pengelola  wahana-wahana dilingkungan TMII.
Sebagai sarana pendidikan dan mengenalkan budaya indonesia kepada generasi muda.
            3.1.6 Dasar hukum dan Asas Legal
            Keabsahan dan kekokohan pendirian Taman Mini "Indonesia Indah" didasarkan landasan hukum, yaitu di antaranya adalah pendirian Yayasan Harapan Kita dan surat-surat keputusannya dalam melaksanakan proyek pembangunan dengan nama Proyek Miniatur "Indonesia Indah". Di samping itu, dikeluarkannya Surat Keputusan Yayasan Harapan Kita No.II/Kpts/YHK-VIII/72 yang meresmikan Bapak Presiden Republik Indonesia sebagai pelindung pembangunan Proyek tersebut, sebagai tindak lanjut atas persetujuan dan restu dari Bapak Preseiden RI dan kesediaan beliau sebagai pelindung pendirian proyek ini, melalui surat No. B-1 04/Pres/8/1971, tertanggal 20 Agustus 1971. Dengan surat-surat ini maka TMII mempunyai latar belakang kekuatan hukum dalam pembangunannya.
            3.1.7 Logo dan Maskot
            Sebagai lazimnya suatu badan atau yayasan, Taman Mini "Indonesia Indah" memiliki logo yang pada intinya terdiri atas dua huruf I dan I. Kedua huruf ini mewakili nama "Indonesia Indah". suatu nama yang diberikan kepada proyek miniatur pembangunannya. Nama "Indonesia Indah" bukan sekadar nama, tetapi mempunyai makna dan cerminan keinginan luhur akan dikenalnya Indonesia yang indah dan dilestarikannya keindahan ini.
            Selain logo atau lambang, Taman Mini "Indonesia Indah", juga telah menetapkan maskot yang berupa tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra). Maskot Taman Mini "Indonesia Indah" ini diresmikan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi windu usia TMII, pada tahun 1991.NITRA berperan sebagai sarana pengenal yang mempunyai makna informatif, bertujuan agar mudah diingat dan lekat di hati.
Pemilihan NITRA didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :
            NITRA berwujud wanara putih yang perkasa, mempunyai kepribadian yang menonjol; berjuang membela dan menegakkan kebenaran tanpa pamrih, mahir berdiplomasi sehingga dipercaya sebagai duta.Dengan segala kesaktiannya, NITRA mampu membasmi angkara murka dan membela kebenaran.NITRA, kesayangan dewa yang dikaruniai usia sangat panjang, sebagai pembina generasi selanjutnya.
            Bagi TMII, pemilihan tokoh Hanoman atau NITRA mempunyai arti agar segala suri tauladannya dapat merupakan sumber inspirasi dan senafas serta menyatu dengan misi yang diemban TMII sebagai wahana pelestarian dan pengembangan Budaya, duta seni, serta mewariskan segala sesuatunya untuk generasi yang akan datang.Cerminan Budi Luhur sang NITRA diharapkan menjadi suri ketauladanan bagi anak atau generasi penerus sehingga menjadi idolanya. Dengan sifat-sifat yang dimiliki sang NITRA, TMII berupaya agar anak-anak dapat memiliki altematif lain di dalam menentukan idolanya, yang bersumber dari nilai budayanya sendiri.Visualisasi NITRA mengarah pada suatu bentuk fisik yang disesuaikan agar menarik dan dapat disenangi anak-anak.remaja dan dewasa. Ramah, lucu tetapi tetap mempesona. NITRA sebagai Maskot Taman Mini "Indonesia Indah" dapat diwujudkan dalam bentuk dua dan tiga dimensi antara lain untuk : Boneka, Logo, ataupun produk cetak dan souvenir sesuai kebutuhan.
            3.1.8 Taman
            Di TMII terdapat sepuluh macam taman yang menunjukkan keindahan flora dan fauna Indonesia:
Ø  Kubah Taman Burung.
Ø  Taman Anggrek
Ø  Taman Apotek Hidup
Ø  Taman Kaktus
Ø  Taman Melati
Ø  Taman Bunga Keong Emas
Ø  Akuarium Ikan Air Tawar
Ø  Taman Bekisar
Ø  Taman Burung
Ø  Taman Ria Atmaja Park, panggung pagelaran musik
Ø  Taman Budaya Tionghoa Indonesia

            3.1.9 Anjungan
            Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatarbetakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat. Anjungan ini juga menampilkan baju dan pakaian adat, busana pernikahan, baju tari, serta artefak etnografi seperti senjata khas dan perabot sehari-hari, model bangunan, dan kerajinan tangan. Semuanya ini dimaksudkan untuk memberi informasi lengkap mengenai cara hidup tradisional berbagai suku bangsa di Indonesia. Setiap anjungan provinsi juga dilengkapi panggung, amfiteater atau auditorium untuk menampilkan berbagai tarian tradisional, pertunjukan musik daerah, dan berbagai upacara adat yang biasanya digelar pada hari Minggu. beberapa anjungan juga dilengkapi kafetaria atau warung kecil yang menyajikan berbagai Masakan Indonesia khas provinsi tersebut, serta dilengkapi toko cenderamata yang menjual berbagai kerajinan tangan, kaus, dan berbagai cenderamata.

Sejak tahun 1975 hingga tahun 2000 rancangan asli TMII terdiri atas anjungan rumah adat dari 27 provinsi di Indonesia, termasuk Timor Timur. Akan tetapi setelah Timor Leste merdeka dan memisahkan diri dari Indonesia pada tahun 2002, status anjungan Timor Timur berubah menjadi Museum Timor Timur. Selain itu karena kini Indonesia terdiri atas 33 provinsi, anjungan-anjungan provinsi baru seperti Bangka Belitung, Banten, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Gorontalo, Kepulauan Riau, dan Papua Barat telah dibangun di sudut Timur Laut TMII, walaupun ukuran dan luas anjungan provinsi baru ini jauh lebih kecil dari anjungan provinsi yang telah dibangun sebelumnya
            3.1.10 Bangunan Lain
            Bangunan keagamaan diwakili oleh beberapa rumah ibadah agama resmi yang diakui di Indonesia, hal ini untuk menggambarkan toleransi dan keselarasan hubungan antar agama di Indonesia. Bangunan-bangunan keagamaan antara lain:
Masjid Pangeran Diponegoro
Gereja Katolik Santa Catharina
Gereja Protestan Haleluya
Pura Penataran Agung Kertabhumi
Wihara Arya Dwipa Arama
Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa
Kuil Konghucu Kong Miao
Sarana Rekreasi
           
            Sarana rekreasi yang ada di TMII:
Istana Anak-anak Indonesia
Kereta gantung
Perahu Angsa Arsipel Indonesia
Taman Among Putro
Taman Ria Atmaja
Desa Wisata
Kolam renang Snow Bay
Museum Iptek TMII


3.2 MUSEUM PANCASILA SAKTI
            3.2.1 Lokasi
            Monumen Pancasila Sakti dibangun diarea tanah sekurang lebihnya 14ha. Terletak di desa Lubang Buaya kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Monumen Pancasila Sakti Berbatasan sebelah selatan dengan markas besar tentara nasional indonesia cilangkap, sebelah utara Lanuma Halim Perdana Kusuma, Sebelah timur pasar pondok Gede/Bekasi dan sebelah barat dengan Taman Mini Indonesia Indah/Asrama Haji Indonesia Pondok Gede.
            3.2.2 Manfaat
            Dalam hal ini Monumem Pacasila Sakti dibangun untuk mengenang jasa pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S-PKI. Selain untuk mengenal pahlawan secara personil, Monumen ini juga menjadi pengingat atas jasa ABRI yang telah menumpas gerakan PKI dan jasa Soeharto.
            Monumen Pancasila Sakti juga memiliki manfaat sebagai pengiingat untuk lebih waspada. Terutama kewaspadaan terhadap gerakan PKI. Pada salah satu relief tertulis pesan kewaspadaan akan bahaya laten komunis di Indonesia. Dalam relief disebutkan, jika PKI hadir kembali di Indonesia maka kekacauan dan kekejaman pasti akan terjadi. Karena itulah pemerintah orde baru begitu menjaga agar PKI tidak hadir lagi di Indonesia.
            3.2.3 Sejarah
            Sejarah Dibangunnya Monumen Pancasila Monumen ini dibangun di atas lahan seluas 9 Hektar, atas prakarsa Presiden ke-2 RI, Soeharto. Dibangun untuk mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia, Pancasila dari ancaman ideologi komunis.
            Monumen ini terletak Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Di sebelah selatan terdapat markas besar Tentara Nasional Indonesia, Cilangkap, sebelah utara adalah Bandar Udara Halim Perdanakusuma, sedangkan sebelah timur adalah Pasar Pondok Gede, dan sebelah barat, Taman Mini Indonesia Indah.
            Sebelum menjadi sebuah museum sejarah, tempat ini merupakan tanah atau kebun kosong yang dijadikan sebagai tempat pembuangan terakhir para korban Gerakan 30 September 1965 (G30S).
            Di kawasan kebun kosong itu terdapat sebuah lubang sumur tua sedalam 12 meter yang digunakan untuk membuang jenazah para korban G30S. Sumur tua itu berdiameter 75 Cm.
Kompleks Monumen
            Monumen ini berdiri di atas lahan seluas 9 Hektar dan tediri dari beberapa tempat yang bersejarah Museum Pengkhianatan PKI (Komunis), Sumur Tua tempat membuang jenazah 7 Pahlawan Revolusi, Rumah Penyiksaan, Pos Komando, Dapur Umum, Mobil-Mobil tua peninggalan Pahlawan Revolusi dan Museum Paseban.
Museum Pengkhianatan PKI
            Museum Pengkhianatan PKI menceritakan sejarah pemberontakan-pemberontakan PKI yang bertujuan menggantikan dasar negara Pancasila dengan komunis yang bertentangan dengan Pancasila, sampai pada pemberontakan kedua yang terkenal dengan nama Gerakan Tiga Puluh September atau G-30-S/PKI, diawal pintu masuk kita akan disambut dengan beberapa koleksi foto Pemberontakan PKI, Pengangkatan Jenazah 7 Pahlawan revolusi, dan beberapa diorama yang menceritakan tentang Pemberontakan PKI di berbagai Daerah di Indonesia.
Sumur Maut
            Sumur Tua ini adalah tempat membuang 7 Pahlawan Revolusi: - Jend. Anumerta Ahmad Yani - Mayjen. Anumerta Donald Isaaccus Panjaitan - Letjen. Anumerta M.T. Haryono - Kapten CZI Anumerta Pierre Andreas Tendean - Letjen. Anumerta Siswandono Parman - Letjen. Anumerta Suprapto - Mayjen. Anumerta Sutoyo Siswomiharjo

            Jenazah ke-7 pahlawan itu ditemukan di sebuah sumur tua yang sekarang dinamai Lubang Buaya , di daerah Lubang Buaya , dekat lapangan terbang Halim Perdanakusumah, Jakarta.   Sedangkan jenazah Brigjen Katamso Dharmakusumo dan Kol. Sugiyono Mangunwiyoto ditemukan di Desa Kentungan, Yogyakarta. Selain itu, gugur pula AIP II Brimob Karel Sasuit Tubun dan Ade Irma Suryani Nasution, putri dari Jend. A.H: Nasution.
Rumah Penyiksaan
            Rumah Penyiksaan adalah tempat para Pahlawan Revolusi disiksa untuk menandatangani surat pernyataan untuk mendukung komunisme di Indonesia, mereka disiksa seblum akhirnya dibunuh, ditempat ini ditampilkan diorama penyiksaan 7 pahlawan Revolusi beserta kisah dimulainya Pemberontakan PKI, dahulu tempat ini merupakan sebuah sekolah rakyat atau sekarang lebih dikenal SD dan dialih fungsikan oleh PKI sebagai tempat penyiksaan kejam para Pahlawan Revolusi.
Pos Komando
            Tempat ini adalah milik seorang penduduk RW 02 Lubang Buaya bernama Haji Sueb. Tampat ini dipakai oleh pimpinan G/30S/PKI yaitu Letkol Untung dalam rangka perencanaan Penculikan terhadap 7 Pahlawan Revolusi, di dalamnya masih ada barang-barang asli yang menjadi saksi bisu kekejaman PKI seperti : 3 buah Petromaks, Mesin Jahit, dan Lemari Kaca.
Dapur Umum
            Tempat ini sebenarnya sebuah rumah yang dialihfungsikan oleh PKI sebagai dapur Umum, rumah yang statusnya milik Ibu Amroh ini dipakai sebagai tempat sarana konsumsi anggota G30S/PKI, oleh karaena itu Ibu Amroh yang sehari-harinya berjualan Pakaian keliling meninggalkan rumah dalam keadaan tidak terkunci dan diperintahkan oleh para anggota PKI untuk meninggalkan rumahnya dalam keadaan terkunci, tetapi saat kembali ternyata rumahnya sudah dalam keadaan berantakan, hanpir semua benda di rumah tersebut menghilang.


3.3 GELANGGANG SAMUDRA ANCOL
           
            3.3.1 Lokasi
            Gelanggang Samudra Ancol atau biasa disebut dengan GSA beralamat di Jalan Lodan Timur No. 7, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430.
            3.3.2 Fasilitas
            Fasilitas yang ada di Gelanggang Samudra Ancol yaitu:
            Cafe
            Toilet
            Tempat duduk
            Mushola
            Peta petunjuk
            Kios yang menjual makanan dan minuman
            Toko toko yang menjual baju dan souvenir

            3.3.3 Sarana dan Prasarana
            Sebagai sarana rekreasi dan liburan bersama keluarga dan sebagai penambah wawasan agar penerus bangsa tidak merusak alam.
            3.3.4 Maskot
            Maskot dari Gelaggang Samudra Ancol adalah Lumba-lumba yang memang disediakan dalam pertunjukan atraksi Lumba-lumba setiap hari libur.
3.4 DUNIA FANTASI
         
            3.4.1 Lokasi
            Dunia fantasi atau atau dsebut Dufan merupakan tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol,Jakarta Utara.Dufan diresmikan tanggal 16 Agustus 1985 dengan biaya 22 M.Luas Dunia Fantasmimencapai 9,5 hektar dari pembangunan 552 hektar hiburan terpadu Taman Impian Jaya Ancol.  
            3.4.2 Maskot
           
            Karakter maskot yang ada di Dufan antara lain:
Dufi     :Dunia Fantasi
Bije      :Bison Jenaka
Kabul  :Katak Gembul
Garin   :Garuda Indonesia
Tanit    :Tapir Genit
Kombi :Komodo Gembira
Cili      :Kancil Licik
Barus   :Babi Rakus
           
            3.4.3 Permainan
            Dufan merupakan tempat wisata yang menyediakan berbagai wahana permainan berikut wahana permainan yang disediakan berdasarkan lokasi kawasanyan:
Kawasan Jakarta ada Turangga Rangga
Kawasan Kalila                       :Kalila Adventure, Ubangga, Safari Game
Kawasan Indonesia                 :Alap-Alap , Tornado
Kawasan Eropa                       :Beng Beng, Kicir Kicir ,Hysteria
Kawasan Fantasi Hikayat       :Burung Tempur , Perang Bintang, Hikayat                                                                Game, Rajawali, Hall Rama Shita Legenda Masa                                                       Depan
Kawasan Fantasi Yunani        :Halilintar.,Ombang Ambing,Ontang                                                                          Anting,Pontang Pontang, Arung Jeram, Teater                                                           Simulator,Historical Dufan
Kawasan Amerika                   :Niagara poci-poci, Lorong Sesat, Niagara,                                                                 Rango, Tembak Jitu               
Kawasan Istana                       :Istana Boneka
Kawasan Asia                         :Baku Toki, Bianglala , Gajah Bledug ,Kora 


3.5 PANTAI MARINA
            3.5.1 Lokasi
            Pantai ini berada komplek Ancol di Jakarta Timur,Jakarta
            3.5.2 Sarana dan Prasarana
            Pantai Marina dilengkapi dengan fasilitias cafe dermaga, marine band, pompa bensin, dermaga bongkar muat, agen perjalanan wisata dan olahraga bahari.


3.6 PP IPTEK
            3.6.1 Lokasi
            Museum ini  berada di komplek TMII di Jakarta Timur,Jakarta yang menempati areal 42.300 km2 dan luas lantai bangunan 24.000 m2.
           
            3.6.2 Sarana Prasarana
            PP IPTEK adalah science center pertama di Indonesia. Lembaga ini didirikan untuk program khusus pengenalan dasar IPTEK pada anak didik atau wahana rekreasi educative/belajar IPTEK non formal yang dibangun untuk melengkapi saran pendidikan IPTEK formal, dimana kaitannya sangat erat dengan prinsip-prinsip hukum Fisika, Kimia dan Biologi.             
                       
            3.6.3 Sarana Rekreasi
            Belajar di museum iptek ini lebih cepat dan selalu teringat oleh anak-anak karena mereka berekreasi sambil belajar sehingga akan dia ingat terus, selain itu permainan yang ditunjukan juga unik-unik sehingga banyak yang suka dengan permainan-permainan yang ada. Kebanyakan permaianan yang  ada berupa permainan tentang ilmu pengetahuan Alam (IPA) sains yang cukup banyak digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa. PP IPTEK memiliki ± 250 perangkat IPTEK interaktif yang didesain khusus agar pengunjung dapat mencoba dan memperagakan perangat tersebut. Untuk yang masih belum paham di sana juga terdapat tim yang bersedia menjelaskan perangkat IPTEK tersebut sehingga tidak susah payah untuk memahami hal tersebut. Semua alat permainan di sini boleh dipegang dan dimainkan sehingga tidak hanya melihat saja, tetapi dengan memainkan dan merasakan pengunjung anak-anak maupun dewasa akan lebih terpuaskan.


3.7 MUSEUM MIGAS
           
            3.7.1 Lokasi
            Museum ini berada komplek TMII di Jakarta Timur,Jakarta.Gedung utama berbentuk anjungan lepas pantai yang berada di atas danau buatan seluas 11.000 m2
         
            3.7.2 Sarana Prasarana
            Gedung utama berbentuk anjungan lepas pantai yang berada di atas danau buatan seluas 11.000 m2, menjadi ciri khas pencarian minyak dan gas bumi, disebut anjungan Eksplorasi. Dua bangunan pendukung berbentuk bundar (gilig), menyerupai tangki penyimpanan minyak yang mengapit gedung utama, disebut anjungan pengolahan. Ruang pameran terdapat di gedung utama dan anjungan eksplorasi guna mengutarakan seluk-beluk mengenai minyak dan gas bumi.
           
            3.7.3 Sarana Rekreasi
            Pameran di gedung utama mengenai sejarah gedung perminyakan. Di dalam ruangan ini, terdapat teater minyak yang memutar film pendek dan multislide mengenai asal mula serta hasil pengolahan minyak dan gas bumi di Indonesia. Film-film yang ditayangkan memberikan gambaran yang mudah bagi pengunjung untuk memahami industry minyak dan gas bumi. Selain itu, terdapat ruang untuk pameran berbagai bendadan bahan mengenai minyak dan gas bumi yang ada di sekitar kita. Di sini, pengunjung akan diajak unutk memahami sejauh mana ketergantungan manusia terhadap minyak dan gas bumi, baik sebagai sumber energy primer spserti bahan bakar maupun produk lain. Pada bagian bawah terdapat ruang sejarah yang menampilkan sejarah perkembangan geologi bum, bagaimana perkembangan masa berates juta tahun yang lalu sampai kemungkinan dampak pemanfaatan minyak dan gas bumi. Di sudut lainnya, terdapat pohon minyak, menggambarkan berbagai produk yang dihasilkan dari pengolahan minyak bumi dalam bentuk sebatang pohon. Penempatan produk pada pohon diatur dari atas ke bawah sesuai dengan hasil- fraksi-fraksi minyak bumi yang di dapat pada proses distilasi dan prosen-proses selanjutnya.
            Anjungan eksplorasi mengetengahkan eksplorasi minyak dan gas bumi, termasuk peragaan sejarah terjadinya cekungan minyak dan gas bumi. Selanjutnya, pengetahuan penerapan teknologi disajikan melalui pameran peralatan canggih yang mendukung proses pencarian dan pengolahan gas bumi.
            Di luar gedung dipamerkan juga peralatan pengeboran minyak dan peragaan benda-bendaeksplorasi serupa menara bor tahun 1930-an, berbagai pompa angguk, sebuah truk logging tua, pompa bensin engkol, dan sebuah kilang minyak tua.
            Museum jug adilengkapi fasilitas perpustakaan, Plaza penerima, dan ruang auditorium yang berfungsi sebagai tempat seminar lengkap dengan perangkat multi media yang dapat disewa oleh masyarakat umum untuk berbagai keperluan.

3.8 TEATER KEONG MAS
   
            3.8.1 Lokasi
            Teater ini berada di dalam kompleksTMII.Gedungnya sangat unik dan khas berbentuk Keong raksasa.
           
            3.8.2 Fasilitas
            Keong Mas menyediakan berbagai fasilitas yaitu:
Ruang menonton dengan 900 tempat duduk dan 36 tempat VIP
Menyediakan 8 tempat duduk khusus untuk kursi roda Agar lebih jelas,Teater Imax inidisajikan berukuran 215x293 inch dan menggunakan sistem Imax
Terdapat tempat untuk meebeli souvenir dan tempatmembeli makanan dan minuman ringan

3.9 CIBADUYUT

            3.9.1 Lokasi
Cibaduyut berlokasi di Jl. Trs. Cibaduyut Raya, Bandung, Jawa Barat.
           
            3.9.2 Macam Barang
            Pusat perbelanjaan oleh-oleh di Bandung adalah cibaduyut.Di cibaduyut banyak yang menjual baju,sepatu kulit,tas kulit,baju,boneka ,ikat pinggang,sandal,jaket kulit dan oleh-oleh makanan khas Bandug,cibaduyut adalah pasar penjualan sepatu terkenal di Bandung.Cibaduyut adalah salah satu pasar sepatu terpanjang di dunia, dimana di lokasi tersebut merupakan sentra penjualan sepatu hasil kreasi para pengrajin yang ilmu pembuatannya didapat secara turun menurun.Pada tahun 1989 pemerintah R.I meresmikan cibaduyut ini sebagai daerah tujuan wisata.




BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dengan mempelajari data-data yang kami peroleh dari peninjauan dan penelitian objek wisata, serta buku-buku panduan yang ada. Kami akan memberikan kesimpulan.Karya wisata adalah pariwisata yang tujuan melaksanakan tugas yang sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional.Dan mempunyai manfaat dalam pembangunan bangsa indonesia ini.Masing-masing objek yang kami kunjungi mempunyai ciri khas masing-masing.Sehingga tiap-tiap objek mempunyai manfaat dan daya guna yang lebih luas.

4.2 Saran
Ø  Siswa diharapkan tidak hanya memanfaatkan Study Tour sebagai sarana rekreasi namun    juga sebagai sarana belajar untuk menambah wawasan.
Ø  Siswa diharapkan tertib dan disiplin agar perjalanan Study Tour berjalan lancar.
Ø  Siswa diharapkan dapat menjaga sikap selama Study Tour, serta memperhatikan semua perintah atau peraturan dari biro tour, guru pembimbing dan tour guide demi keamanan pribadi.
Ø  Siswa diharapkan ikut menjaga kebersihan dan kelestarian objek-objek wisata yang dikunjungi
Ø  Siswa dianjurkan tidak bepergian seorang diri di objek-objek wisata maupun pada waktu bebas untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.










Daftar Pustaka

Alwi, Hasan.2001Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke III.Jakarta:balai pustaka
Aminuddin.2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Arifin,E,Zaenal.Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia
kunjungan secara langsung

Situs:
http://www.mbandung.com







LAMPIRAN
A.Jadwal karya wisata
Hari Pertama,Minggu,8 Maret 2015
Jam 12.00 Siap berkumpul di SMP N
Jam 13.00 Berangkat menuju Jakarta
Jam 17.30 Sholat dan makan di Local Restaurant
Jam 18.30 Melanjutkan perjalanan

Hari Kedua,Senin,9 Maret 2015
Jam 03.00 Chek in,Sholat,makan pagi di Graha wisata TMII
Jam  07.00 Wisata Pendidikan Lubang Buaya
Jam 10.00 Wisata Gelanggang Samudra Ancol
Jam 12.00 Makan siang,sholat di Local Wisata
Jam 14.00 Wisata ke Dunia Fantasi
Jam 17.00 Wisata ke Pantai Marina
Jam 17.30 Makan di Lut Biru Restaurant
Jam 19.00 Pulang ke hotel Graha wisata TMII

Hari Ketiga,Selasa,10 Maret 2015
Jam 06.30 Selesai makan pagi dilanjutkan wisata ke TMII
Jam 08.15 Kunjungan Study ke PP IPTEK Jakarta
Jam 10.00 Study wisata ke museum Migas dan Teater Keong Mas
Jam12.00 Makan siang,sholat di Anjungan Sulawesi Tenggara
 Jam 16.00 Wisata belanja di Cibaduyut Bandung
Jam 19.00 Makan malam di Suka Hati Restaurant
Jam 21.00 Mampir beli oleh-oleh khas Bandung Jawa Barat

Hari Keempat,Rabu,11 Maret 2015
Jam 05.00 Rombongan siswa dan sisi SMP N  sampai di Mgl

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading